Kumpulan Kata-Kata Sedih Bahasa Korea dan Artinya

Kata Kata Sedih Bahasa Korea Dan Artinya

Wajar sekali jika kita merasa sedih karena sedih adalah salah satu emosi dari manusia. Dalam berbahasa, mengekspresikan rasa sedih menjadi salah satu bentuk dasar. Anda pun perlu mengetahui kata-kata sedih bahasa Korea dan artinya saat belajar bahasa Korea.

Mengapa sedih adalah kata-kata dasar dalam bahasa Korea? Saat Anda berada di Korea atau menonton drama Korea, Anda setidaknya harus bisa menangkap keadaan orang yang ada di sekitar atau di hadapan Anda. Ekspresi ini juga memudahkan orang lain untuk memahami itu.

Karena betapa pentingnya untuk mengekspresikan rasa sedih, Anda harus tahu beberapa kumpulan kata-kata sedih bahasa Korea. Sehingga, penggunaan dan pengertiannya tidak keluar dari konteks. Berikut ini adalah beberapa kata yang bisa membantu pemahaman Anda.

Kumpulan Kata-Kata Sedih Bahasa Korea dan Artinya

Kumpulan Kata-Kata Sedih Bahasa Korea dan Artinya

1. 슬픕니다 seulpeumnida

Istilah yang satu ini banyak digunakan ketika Anda ingin menunjukkan rasa sedih ke orang lain. Konteks katanya sangat formal dan menjadi level yang tertinggi dalam kata-kata sedih bahasa Korea. Biasanya, kata ini berada di belakang kalimat. Contohnya:

저는 너때문에 슬픕니다 (jeoneun neottamune seulpeumnida) – Saya sedih karena dirimu.

Kapan Digunakan?

Penggunaan kata yang satu ini cukup umum dan yang paling formal, sehingga bisa untuk siapa saja yang menjadi lawan bicara. Karena bentuknya yang paling formal, Anda bisa menggunakan kata ini untuk berbicara dengan orang yang jauh lebih tua atau orang di lingkungan profesional.

Selain ke yang lebih tua, Anda juga bisa menggunakannya untuk orang yang kalangannya jauh lebih tinggi daripada Anda. Di sisi lain, agak kaku untuk mengutarakan emosi kesedihan ke orang yang jauh di atas Anda sehingga jarang sekali digunakan.

2. 슬퍼요 seulpeoyo

Menggunakan kata seulpeoyo sangat lazim dan paling sering digunakan dalam berbagai percakapan. Kata-kata sedih bahasa Korea dan artinya ini menunjukkan bahwa Anda sedang tidak baik-baik saja dan menyampaikannya masih dalam kategori formal. Contohnya:

너때문에 슬퍼요 (neo ddaemune seulpeoyo) – karena kamulah saya sedih.

Kapan digunakan?

Menggunakan kata 슬퍼요 seringkali digunakan ketika Anda berbicara ke orang yang dekat namun masih dalam batasan yang sopan, karena ada ㅡ요 di bagian belakang katanya. Di sisi lain, kata ini lebih kasual dibandingkan dengan yang di akhirnya dengan 입니다.

Anda juga akan sering mendengarkan ekspresi yang satu ini di dalam lagu-lagu berbahasa Korea yang isinya tentang hal-hal sedih seperti putus cinta, ditinggalkan, dan lainnya. Variasinya hanya dengan menghilangkan ㅡ요 namun kesannya menjadi lebih informal.

3. 슬퍼 seulpo

Menggunakan bentuk seulpeo merupakan salah satu cara untuk menyampaikan kesediha. Setiap kalimat yang menggunakan kata ini pasti mengandung kata-kata sedih bahasa Korea dan artinya adalah perasaan sedih. Hanya saha, bentuk yang satu ini memiliki makna yang informal.

Kapan Menggunakannya?

Anda hanya bisa menggunakan kata ini apabila sedang berbicara dengan orang yang sudah sangat dekat dan seumuran saja. Anda juga bisa menggunakannya ketika berbicara dengan orang yang lebih muda. Sebab, ekspresi ini tidak menggunakan –yo di bagian belakangnya.

Contoh Kata-Kata Bahasa Korea yang Mirip sedih

Contoh Kata-Kata Bahasa Korea yang Mirip sedih

1. 아쉽다 aswipda

Saat Anda mengatakan hal ini, artinya Anda menyayangkan sebuah hal terjadi dan mau tidak mau mengikuti takdir tersebut. Seara harfiah kata-kata sedih bahasa Korea dan artinya ini adalah ‘sayang sekali” dan diungkapkan dengan raut wajah yang sangat sedih.

Sebagai contoh, Anda sedang mengikuti sebuah pesta bersama teman-teman dan mereka mengadakannya hingga larut malam. Sayangnya, Anda ingat bahwa besok Anda harus pergi bekerja sehingga tidak bisa mengikuti pesta sampai akhir. Anda bisa mengucapkan 아쉽다.

Konteks kata yang satu ini bersifat standar. Anda bisa mengungkapkan kata-kata sedih yang satu ini dalam situasi yang formal maupun informal. Yang membedakan hanyalah intonasi berbicara Anda saja, apakah naik untuk orang terdekat atau turun untuk ke yang lebih tinggi.

2. 실망하다 silmanghada

Kata yang satu ini masuk ke dalam kata-kata sedih bahasa Korea dan artinya menunjukkan sebuah kekecewaan. Konteks ekspresi ini adalah disampaikan saat seseorang memperlakukan Anda dengan tidak baik dan Anda tidak menyanga bahwa mereka memperlakukan Anda seperti itu.

Silmanghada juga bisa diucapkan manakala Anda harus berpisah dengan orang lain dan merasa sedih. Contoh kalimatnya adalah 너의 행동에 실망했어 (neoeui haendonge silamanghaesso) yang artinya adalah “aku kecewa dengan perilakumu.”

Konteks kata yang satu ini memiliki makna kesedihan yang sangat emosional. Seseorang akan menggunakan kata ini ketika mereka berbicara langsung dengan orang yang membuat mereka menjadi sedih dan kecewa. Bentuk ekspresi ini digunakan baik informal dan formal.

3. 희망이 없다 huimangi eobsda

Menyampaikan rasa sedih juga bisa menggunakan kata huimangi eobsda. Bentuk yang satu ini juga salah satu kata-kata sedih bahasa Korea dan artinya adalah Anda sudah pasrah dengan apa yang terjadi, sehingga Anda sekarang merasa sedih dan tidak berani berharap lagi.

Konteks dari kalimat ini disampaikan ketika Anda sama sekali tidak memiliki harapan di masa depan. Selain itu, maknanya juga bersifat subjektif ketimbang objektif. Saat menggunakan kata ini, Anda juga akan menyampaikannya dengan sangat emosional.

Kata yang satu ini juga mirip dengan 가망이 없다 (gamangi eobda). Bedanya, gamangi obda masih ada kesempatan untuk berharap bahwa sebuah keajaiban akan terjadi. Sementara huimangi eobda lebih ke hasil yang bisa saja nol dan menyedihkan.

4. 불행하다 bulhaenghada

Kata-kata sedih bahasa Korea ini mengandung arti bahwa sesuatu membuat Anda tidak bahagia. Kejadian atau situasi yang terjadi pada Anda sama sekali tidak membuat bahagia, malah sedih karena tidak sesuai dengan ekspektasi.

Konteksnya termasuk ke dalam kata-kata sedih bahasa Korea dan artinya standar. Anda bisa menggunakan kata ini untuk situasi yang formal maupun informal. Umumnya, bulhaenghada diucapkan saat Anda merasa bahwa kejadian tersebut tidak adil untuk diri Anda.

5. 우울하다 u-ulhada

Perasaan yang menggunakan kata ini biasanya disampaikan ketika Anda ingin menangis karena bad mood atau merasa sedang depresi. Anda bisa menyatakan ini ketika sedang sedih dan Anda tidak mau diganggu oleh orang lain. Anda juga berharap orang tersebut membiarkan Anda sendiri.

Contoh: 나는 오늘 우울해 (naneun oneul u-ulhae) – hari ini saya sedang bad mood.

6. 낙담하다 nakdamhada

Penggunaan kalimat ini disampaikan ketika Anda merasa kecewa dan emosi arena hal tersebut. Nakdamhada tidak dikatakan ketika kecewa ke seseorang, melainkan ke situasi yang menimpa Anda.

Penggunaan kata-kata sedih bahasa Korea dan artinya tidak boleh Anda lewatkan saat belajar bahasa yang satu ini. Pasalnya, mengungkapkan rasa sedih menjadi salah satu bentuk dasar berbahasa. Ada baiknya jika Anda mempelajari kumpulan kata di atas berikut dengan artinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *