6 Cara Perkenalan Bahasa Jepang dengan Sopan & Formal

Cara Perkenalan Bahasa Jepang Mudah dan Lengkap

Jepang adalah negara yang saat ini mengalami kemajuan pesat di berbagai bidang, baik pendidikan, ekonomi, maupun teknologi. Jadi tidak heran saat ini ada banyak sekali masyarakat dari seluruh dunia yang mempelajari bahasa Jepang, termasuk  cara perkenalan bahasa Jepang.

Karena seperti yang kita tahu saat pertama kali bertemu dengan orang baru, tentu Anda harus berkenalan terlebih dahulu. Mempelajari bagaimana cara memperkenalkan diri, merupakan langkah pertama yang harus dilakukan bagi Anda yang ingin bisa berbahasa Jepang.

Perlu Anda ingat bahwa Jepang adalah salah satu negara di Asia Timur yang sangat menjunjung tinggi kesopanan dan kesantunan. Jadi di sana Anda tidak bisa memperkenalkan diri secara sembarangan, apalagi dengan menggunakan bahasa yang tidak formal.

6 Cara Mudah Perkenalan Bahasa Jepang Lengkap

Memperkenalkan diri dengan baik merupakan salah satu cara menunjukkan rasa hormat, kepada orang yang baru Anda temui di Jepang. Dalam bahasa Jepang sendiri, memperkenalkan diri sering disebut sebagai Jiko Shoukai (自己紹介 ).

Ketika memperkenalkan diri beberapa hal yang wajib Anda beritahukan biasanya adalah nama, tempat tinggal, usia, dan kadang pekerjaan. Berikut 6 cara mudah melakukan perkenalan bahasa Jepang singkat namun lengkap dan mudah dipahami.

1. Ucapkan Salam

Ucapkan Salam

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan sebelum berkenalan dengan orang baru di Jepang adalah mengucapkan salam. Anda bisa mengucapkan “hajimemashite” (初めまして) yang artinya senang bertemu dengan Anda, atau bisa juga diartikan ayo berteman.

Kalimat “hajimemashite” berasal dari kata “hajimeru” (初める), yang berarti memulai untuk melakukan suatu hal. Jadi kalimat “hajimemashite” bisa diucapkan ketika Anda bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya.

Perlu Anda ketahui bahwa kalimat “hajimemashite” biasanya diikuti dengan yoroshiku onegaishimasu (よろしくおねがいします). Kalimat tersebut memilik arti, mohon perlakukan saya dengan baik, terima kasih.

2. Berikan Sapaan Sesuai Waktu

Berikan Sapaan Sesuai Waktu

Setelah mengucapkan salam, Anda bisa menyampaikan sapaan yang sesuai dengan waktu saat itu. Karena sama seperti bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, kalimat sapaan di sana juga sangat beragam dan dibedakan sesuai dengan waktu.

Secara umum terdapat 3 kalimat yang bisa Anda ucapkan sebagai sapaan yaitu ohayoukonnichiwa, dan konbanwa. Jika bertemu seseorang di waktu pagi, Anda bisa mengucapkan “Ohayou Gozaimasu” yang artinya selamat pagi.

Selanjutnya jika bertemu dengan seseorang di siang hari, Anda bisa mengucapkan “Konnichiwa” kalimat ini bisa Anda ucapkan hingga jam 5 sore. Dan yang terakhir, ketika bertemu seseorang di sore hari setelah jam 5 hingga tengah malam ucapkan “Konbanwa”.

3. Perkenalkan Nama Anda

Perkenalkan Nama Anda

Jika Anda sudah memberikan salam, langkah berikutnya yang harus Anda lakukan yaitu memperkenalkan nama. Cara paling mudah untuk memberitahukan nama Anda adalah dengan mengucapkan “Watashi wa Ria desu” kalimat tersebut berarti nama saya Ria.

Tapi perlu diingat bahwa di dunia nyata, jarang sekali orang Jepang yang melakukan perkenalan bahasa Jepang menggunakan kata “watashi”. Jadi jika Anda ingin bisa lebih akrab dan tidak terasa canggung saat berkenalan, Anda bisa langsung mengatakan “Ria desu”.

4. Tanyakan Nama Lawan Bicara

Tanyakan Nama Lawan Bicara

Terdapat beberapa hal yang seringkali dilupakan saat seseorang berkenalan menggunakan bahasa asing, salah satunya adalah menanyakan nama lawan bicara. Padahal hal ini sangat penting dan akan membuat lawan bicara merasa dihargai.

Untuk menanyakan nama lawan bicara dalam bahasa Jepang, ucapkan “Onamaewa nandeska” yang berarti siapa nama Anda. Jika lawan bicara sudah menjawab, Anda bisa kembali bertanya “Nanto yobeba i desuka” yang berarti boleh kupanggil apa.

5. Beritahukan Tempat Tinggal

Beritahukan Tempat Tinggal

Ketika berkenalan dengan orang baru, selain memberitahukan nama setidaknya Anda juga harus memberitahu tentang tempat tinggal atau asal Anda. Jika Anda berasal dari Indonesia, Anda bisa mengatakan “Indonesia jin desu” yang artinya saya dari Indonesia.

Jika tidak keberatan Anda juga bisa mengatakan tentang usia dan pekerjaan atau keperluan Anda selama berada di Jepang. Untuk memberitahukan pekerjaan Anda saat ini misalnya And seorang pelajar, ucapakan “Gakusei desu” yang artinya aku seorang pelajar.

6. Akhiri Perkenalan dengan Sopan

Akhiri Perkenalan dengan Sopan

Jika perkenalan sudah selesai, maka Anda harus mengakhirinya dengan sopan. Kalimat yang sebaiknya disampaikan adalah “Yoroshiku”. Contoh kalimat lengkapnya adalah “Ria desu, yoroshiku” yang berarti saya Ria, senang bertemu dengan Anda.

Kalimat untuk mengakhiri perkenalan tersebut bisa Anda ucapkan, jika Anda berkenalan dengan orang baru secara kasual atau tidak formal. Dengan begitu orang Jepang yang baru Anda temui tidak akan merasa canggung atau merasa kaku.

Jadi untuk berkenalan dengan orang baru di Jepang Anda harus memulainya dengan salam dan berikan kalimat sapaan terlebih dahulu. Baru selanjutnya Anda bisa mulai memperkenalkan diri seperti nama, tempat tinggal dan pekerjaan. Dan yang terakhir, akhiri perkenalan tersebut dengan sopan.

Cara Perkenalan Bahasa Jepang Formal

Cara Perkenalan Bahasa Jepang Formal

Sebelumnya Anda sudah mempelajari tentang cara memperkenalkan diri pada orang baru di Jepang secara kasual atau tidak formal. Selanjutnya Anda juga harus tahu, bagaimana cara melakukan perkenalan secara formal menggunakan bahasa Jepang.

Perkenalan secara formal ini sangat penting bagi Anda yang akan melakukan wawancara baik untuk keperluan kerja atau menempuh pendidikan. Berikut beberapa cara memperkenalkan diri menggunakan bahasa Jepang secara formal dan lebih sopan.

1. Perkenalkan Nama Lengkap

Sama seperti perkenalan yang kasual, dalam perkenalan diri yang formal Anda harus tetap mengucapkan salam seperti “Ohayou Gozaimasu”. Tetapi yang berbeda di sini adalah Anda harus memperkenalkan nama Anda dengan lengkap.

Caranya sangat mudah yaitu dengan mengatakan “Watashino namaewa Ria Tiana desu” yang artinya nama saya adalah Ria Tiana. Berikutnya beritahukan nama panggilan Anda dengan mengucapkan “Ria to yondo kudasai” artinya nama panggilan saya Ria.

2. Beritahukan Tempat Tinggal

Ketika memperkenalkan diri secara formal, memberitahukan dari mana asal atau tempat tinggal merupakan hal yang sangat penting. Anda bisa memberitahukan tempat tinggal dengan mengatakan “Indonesia kara kimashita” yang artinya saya berasal dari Indonesia.

Salah satu tips yang wajib Anda ingat saat melakukan perkenalan dengan bahasa Jepang adalah jangan takut salah. Anda tidak perlu khawatir atau bingung jika salah dalam pengucapan kata. Karena penutur asli bahasa tersebut pasti akan berusaha memahami Anda.

3 Akhiri Perkenalan dengan Formal

Dalam bahasa Jepang cara untuk mengakhiri perkenalan secara formal dan kasual ternyata berbeda. Untuk mengakhiri perkenalan yang dilakukan secara formal, Anda bisa mengucapkan “Yoroshiku Onegaisimasu” yang artinya terima kasih dan senang berkenalan dengan Anda.

Dengan mengucapkan kalimat tersebut, Anda akan dianggap memberikan rasa hormat kepada lawan bicara. Jadi kalimat penutup yang terlihat sederhana ini, memiliki peranan sangat penting saat Anda berkenalan dengan orang baru di Jepang.

Pada dasarnya perkenalan bahasa Jepang sangatlah sederhana dan sangat mudah dipahami bahkan untuk para pemula. Yang terpenting Anda harus bisa membedakan, kapan harus berkenalan secara kasual dan kapan harus melakukan perkenalan dengan formal.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *