7 Aplikasi Penerjemahan Bahasa Jepang Terbaik dan Lengkap

7 Aplikasi Penerjemahan Bahasa Jepang untuk Belajar

Apakah Anda memiliki mimpi untuk berkunjung ke Jepang dengan tujuan liburan, bekerja, atau menempuh pendidikan? Jika iya maka Anda harus mempelajari bahasa Jepang mulai dari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi penerjemahan bahasa Jepang.

Perlu Anda ketahui bahwa cara mempelajari bahasa jepang sangatlah beragam, bisa melalui buku, komik, mengikuti kursus, dan lain sebagainya. Tetapi menggunakan aplikasi penerjemahan Indonesia Jepang termasuk salah satu yang paling mudah dan biayanya juga murah.

Selain itu dengan menggunakan aplikasi Anda juga bisa lebih menghemat waktu dan tenaga untuk mempelajari bahasa Jepang. Berbeda dengan mengikuti kursus di mana Anda harus berkunjung ke tempat kursus setiap harinya, dan Anda akan memerlukan waktu untuk perjalanan juga.

7 Rekomendasi Aplikasi Penerjemahan Bahasa Jepang Terbaik

Di zaman modern seperti saat ini Anda sangat dimudahkan jika ingin melakukan suatu hal, termasuk mempelajari bahasa Jepang. Untuk mempelajarinya, sekarang Anda tidak perlu membeli banyak buku atau pergi langsung ke negeri matahari terbit tersebut untuk mengikuti kursus.

Anda hanya perlu menggunakan gadget yang saat ini sedang ada pegang dan kuota yang ada di dalamnya. Berikut beberapa aplikasi penerjemahan bahasa Jepang ke Indonesia, yang mudah diakses dan bisa Anda gunakan untuk belajar.

1. Google Translator

Google Translator

Aplikasi pertama yang Anda buka saat sedang membutuhkan terjemahan pasti adalah Google. Melalui aplikasi yang satu ini, Anda bisa menerjemahkan berbagai kata dari berbagai bahasa termasuk bahasa Jepang salah satunya.

Bagi Anda yang masih pemula dan ingin mengartikan kata satu per satu, Google Translator mungkin cukup membantu. Tetapi bagi Anda yang ingin menerjemahkan suatu kalimat untuk percakapan, maka tidak disarankan untuk menggunakan aplikasi ini.

Google Translator dinilai kurang akurat dan tidak bisa menerjemahkan secara jelas. Selain itu terjemahan aplikasi ini biasanya bersifat kaku dan kadang sulit dipahami. Sehingga nantinya justru menyebabkan canggung saat Anda berkomunikasi dengan penduduk asli Jepang.

2. Japan Goggles

Japan Goggles

Berikutnya ada aplikasi Japan Goggles yang bisa digunakan bagi Anda yang memiliki gadget Iphone. Seperti yang kita ketahui menerjemahkan bahasa Jepang memang cukup sulit, sama seperti bahasa Mandarin, Arab, dan Korea.

Hal ini karena bahasa Jepang penulisannya tidak menggunakan alfabet umumnya, tapi menggunakan aksara kanji, hiragana, atau katakana. Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena aplikasi Japan Goggles bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Aplikasi Japan Goggles bisa mebantu Anda menerjemahkan bahasa Jepang bahkan melalui gambar. Hasil terjemahan dari aplikasi ini juga diketahui cukup akurat. Kekurangan aplikasi ini hanyalah, Anda harus menggunakan gambar yang jelas saat ingin menerjemahkan suatu kalimat.

3. iTranslate

iTranslate

Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi penerjemahan bahasa Jepang dengan akurasi tinggi, iTranslate bisa menjadi pilihan terbaik. Karena aplikasi ini mampu menerjemahkan bahasa Jepang dengan sangat akurat, bahkan akurasinya mencapai 100%.

Dibandingkan dengan aplikasi penerjemahan lainnya, iTranslate adalah yang terbaik bahkan Anda bisa membandingkannya dengan kamus. Seperti yang kita tahu bahasa Jepang bisa dikatakan sedikit rumit, karena konteks berperan sebagai makna dari suatu kalimat.

Aplikasi penerjemahan biasa, tentu akan sulit memperhitungkan dan menerjemahkan kompleksitas bahasa Jepang dalam suatu frasa.Dengan aplikasi iTranslate, Anda tidak perlu khawatir jika harus berpergian ke Jepang dan berkomunikasi dengan penduduk setempat. 

Karena aplikasi bisa menghasilkan pesan suara dari suatu kalimat tertulis yang ingin Anda terjemahkan. Tetapi supaya fitur terjemahan melalui suara ini bisa berjalan dengan baik, Anda harus memiliki jaringan internet yang lancar.

4. Imiwa

Imiwa

Sebelumnya kami sudah membahas beberapa aplikasi penerjemahan bahasa Jepang ke bahasa Indonesia. Berikutnya ada aplikasi yang bisa membantu Anda menerjemahkan bahasa Jepang, tetapi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Imiwa merupakan aplikasi penerjemahan yang sangat direkomendasikan, jika Anda ingin belajar bahasa Jepang mulai dari dasar. Karena melalui aplikasi ini Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur, untuk belajar menulis kanji, membuat daftar kosa kata, dan lain sebagainya.

Jadi Imiwa adalah aplikasi tidak hanya berguna sebagai kamus untuk menerjemahkan suatu kata atau kalimat. Bahkan melalui aplikasi ini, Anda juga bisa mencoba perbaikan untuk ujian JLPT atau tes kecakapan bahasa Jepang.

5. JA Sensei

JA Sensei

Ingin menerjemahkan bahasa Jepang dengan lebih seru? Anda bisa mencoba aplikasi JA Sensei mulai dari sekarang. Karena ini adalah aplikasi yang bisa membantu Anda menerjemahkan bahasa Jepang dengan menggunakan kuis.

Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi JA Sensei adalah tata bahasa, pelajaran bahasa Jepang, daftar kosa kata, dan banyak lagi. Meskipun fiturnya sangat beragam Anda tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini sangat praktis dan mudah digunakan.

Salah satu kelebihan dari aplikasi JA Sensei adalah Anda bisa membuat daftar materi pribadi. Jadi Anda bisa mencatat apa yang ingin Anda pelajari seperti kosa kata, huruf kanji, katakana, dan lain sebagainya. Dan kuis yang tersedia juga akan sangat memudahkan Anda untuk belajar.

Dengan aplikasi ini Anda juga bisa melatih pelafalan bahasa Jepang dengan cara yang sangat menyenangkan. Karena Anda bisa menyimpan berbagai frasa yang Anda butuhkan atau sedang Anda pelajari, dalam playlist favorit.

6. Hello-Hello

Hello-Hello

Berikutnya ada aplikasi yang juga hampir sama dengna Imiwa, yaitu menerjemahkan bahasa Jepang dengan bahasa Inggris. Hello-Hello merupakan aplikasi yang lebih dari mesin penerjemah, tetapi bisa juga digunakan untuk belajar bagi pemula.

Dengan aplikasi ini Anda bisa menerjemahkan suatu kalimat dari bahasa Jepang, hanya dengan menggunakan gambar. Dalam aplikasi Hello-Hello Anda juga akan menemukan kamus bahasa Jepang, yang didalamnya berisi lebih dari 15.000 kata.

Pada dasarnya aplikasi Hello-Hello diciptakan untuk Anda yang merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa Jepang. Di sini Anda bisa belajar tentang kosa kata baru, tata bahasa, dan penulisan dalam bahasa Jepang dengan sangat mudah.

7. PhrasePack Japanese

PhrasePack Japanese

Terakhir aplikasi yang juga bisa Anda gunakan untuk menerjemahkan bahasa Jepang adalah PhrasePack Japanese. Bagi Anda yang sama sekali tidak bisa berbahasa Jepang, Anda bisa mengandalkan aplikasi ini saat berkunjung ke negeri matahari terbit tersebut.

Karena aplikasi PhrasePack Japanese, memiliki sekitar 3.500 frasa umum yang sering digunakan saat berkomunikasi dengan bahasa Jepang. Dan salah satu keunggulan aplikasi ini adalah Anda tidak memerlukan internet untuk bisa mengaksesnya.

Aplikasi PhrasePack Japanes bisa menerjemahkan bahasa Jepang baik berupa huruf kanji, romaji, katakana, atau hiragana. Dalam aplikasi ini Anda juga akan menemukan fitur yang bisa memudahkan Anda untuk menemukan frasa. 

Terdapat beberapa indeks yang tersedia seperti bepergina, berbelanja, orang, makan, dan lain sebagainya. Sehingga Anda bisa menemukan frasa yang ingin Anda terjemahkan dengan cepat, bahkan saat keadaan sedang darurat.

Sekarang sudah tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menunda belajar bahasa Jepang. Karena sekarang Anda bisa memilih dan menggunakan berbagai aplikasi penerjemahan bahasa Jepang dengan mudah. Jadi Anda bisa belajar dari rumah tanpa harus mengikuti kursus di luar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *